Manfaat dan Kelebihan Daging Kambing Dibanding Daging Sapi



Kelebihan daging kambing dibanding dengan daging sapi antara lain terletak pada rendahnya kandungan lemak. Pada daging sapi, pada setiap 100 gram kira-kira terdapat 30 gram lemak, sedang pada daging kambing hanya sekira 3 gram. Kandungan protein keduanya sama-sama tinggi, masing-masing, 14 gram untuk daging sapi dan 27 gram untuk daging kambing. Rendahnya lemak pada daging kambing akan membantu menjaga kesehatan tubuh kita.

www.putrawajo.com

Kesalahan mengkonsumsi daging selama ini adalah, orang menganggap bahwa makan daging berarti memakan daging sapi. Padahal daging kambing tidak kalah kandungan nutrisinya dibanding dengan daging sapi. Lagi pula dari segi pemenuhan, peternakan kambing cenderung lebih mudah dilakukan di Indonesia, sehingga jika kesadaran ini muncul, kita tak perlu lagi mengimpor daging dari luar negeri. Kambing bisa diternakan oleh peternak lokal dengan modal kecil.

Kandungan nutrisi antara daging kambing dengan daging sapi untuk setiap 100 gram nya adalah sebagai berikut; Kambing (K), Sapi (S)
Kalori              K 143 kkal                 S 332 kkal
Protein           K 27 gram                  S 14 gram
Lemak            K 3 gram                    S 30 gram
Kolesterol      K 75 mg                     S 78 mg

Kelebihan daging kambing dibanding daging sapi, kita mengetahui bahwa daging sapi merupakan salah satu makanan yang disenangi oleh Rasulullah Muhammad SAW. Beliau dan para sahabat, dalam beberapa riwayat diceritakan terkadang memakan daging kambing. Kebaikan kandungan daging kambing juga disebut dalam Alquran, sehingga ketika orang Yahudi melakukan durhaka, Allah menghukum mereka dengan tidak boleh memakan daging kambing.

“Dan kepada orang-orang Yahudi, Kami haramkan segala binatang yang berkuku dan dari sapi dan domba, Kami haramkan atas mereka lemak dari kedua binatang itu, selain lemak yang melekat di punggung keduanya atau yang di perut besar dan usus atau yang bercampur dengan tulang. Demikianlah Kami hukum mereka disebabkan kedurhakaan mereka; dan sesungguhnya Kami adalah Maha Benar.” (Al-An’aam : 146)


Apakah Daging Kambing Memicu Darah Tinggi?

Selama ini banyak orang menganggap daging kambing memicu darah tinggi, atau bisa menaikan tensi darah. Sehingga orang yang darah rendah terbiasa mengkonsumsi daging kambing dengan harapan tekanan darahnya akan naik. Padahal kolesterol pada kambing bisa menguraikan kolesteroal dalam darah yang bisa menyebabkan darah tinggi. Sehingga ada istilah terapi daging kambing. Hanya saja selama penguraian memang terdapat efek dan tidak semua orang mampu menahannya, maka perlu konsultasi dengan ahli.


Sebagai makanan yang digemari Rasulullah dan sahabat, kita percaya bahwa daging kambing memiliki kelebihan ketimbang daging lainnya. Pasti ada hikmah dibalik kebiasaan Nabi. Hanya saja kemungkinan, mindset kita telah tercemari oleh berita-berita dan kabar dari para ahli yang tidak senang dengan sunnah Nabi, sehingga mereka membuat kesan buruk tentang daging kambing. (e/dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar untuk "Manfaat dan Kelebihan Daging Kambing Dibanding Daging Sapi"