Tips dan Cara Mendapatkan dan Menanam Pohon Kurma di Indonesia


Tips dan Cara Mendapatkan dan Menanam Pohon Kurma di Indonesia. Buah kurma telah lama dikenal memiliki banyak manfaat dan berkhasiat bagi kesehatan. Buah ini juga banyak disebut di dalam Alquran dan Hadits. Bahkan menjadi salah satu buah yang kerap disantap Rasulullah. Hanya saja bagi kita di Indonesia, mungkin masih merasa kurma adalah buah yang langka. Sebab memang masih jarang dibudidayakan. Pohon kurma identik dengan pohon khas padang pasir dan biasa tumbuh di jazirah arabia.


www.tayibah.com


Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “Sesungguhnya di antara pepohonan itu ada satu jenis pohon yang keberkahannya seperti seorang Muslim”. Lalu aku mempunyai perkiraan bahwa pohon itu adalah pohon kurma, aku berkeinginan menjawab : “Wahai Rasulullah, itu adalah pohon kurma”,
Namun aku melihat bahwa di antara sepuluh orang yang ada aku adalah yang paling muda, maka akupun diam. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bemudian bersabda : “ Yaitu pohon kurma”” (HR. Muslim dari Abdullah bin ‘Umar)

Membibit pohon kurma ternyata tidak sulit. Bahkan saat ini menanam pohon kurma akan segera menjadi tren. Ini membuktikan bahwa buah-buahan yang disebutkan dalam Alquran bisa ditanam di berbagai tempat, tak hanya di Arab. Salah satu pusat pembibitan kurma adalah di Jonggol Farm yang dikelola oleh Pak Muhaimin Iqbal. Dalam salah satu artikelnya, yang dipublikasikan di GeraiDinar.com, Pak Iqbal menyampaikan cara-cara untuk membibit pohon kurma.

1.    Pilih kurma yang enak dan Anda sukai, setelah daging buah dikonsumsi, kumpulkan bijinya dan cuci sampai bersih. Rendam dalam air hingga 24 jam, ulangi lagi hingga 24 jam. Sampai daging buah bersih. Sebab daging buah yang tersisa akan menjadi media tumbuhnya jamur dan bisa membuat biji kurma membusuk.
2.    Letakkan biji ditempat yang kelembabannya terjaga. Dengan cara menaruh tisu yang dibasahi air didalam wadah. Tutup wadah tersebut untuk menjaga kelembaban.
3.    Sekitar hari ke-15 maka akan tumbuh bintik putih calon akar. Setelah mencapai 1-2 cm, pindahkan ke pot kecil yang diisi media tanam. Jika akar telah menembus pot, rendam dengan air agar akar tidak kering dan membantu menjaga kelembaban.
4.    Setelah bibit kurma mencapai 60 cm, pindahkan ke polybag. Untuk selanjutnya setelah akar kuat, bisa ditanam ke tanah.

Beberapa hal yang perlu diketahui, bahwa mungkin tidak semua biji dari kurma yang kita makan bisa bertunas. Sebab kurma yang dijual adalah untuk konsumsi, bukan diperuntukan untuk pembibitan. Menurut Pak Iqbal, insyaAllah sekitar 1/3 nya akan tumbuh.

Pohon kurma juga butuh penanganan khusus yakni perlu bantuan pembuahan. Mirip pohon salak. Jadi harus ada pohon jantan dan betina. Jika kita membibit sendiri, kemungkinan perbandingan pohon yang tumbuh jantan dan betina adalah 1 : 1. Sedangkan umumnya di perkebunan kurma 1 pohon jantan untuk 20 pohon betina. Jika dengan pembibitan melalui kultur jaringan bisa disetel perbandingan pohon yang tumbuh antara jantan dan betina.

Tapi tak ada salahnya, kita percaya bahwa pertumbuhan secara alami tentu juga membawa berkah. Dan yang paling penting, kita niatkan menanam pohon kurma sebagai salah satu bentuk kebaikan, menanam pohon yang tercantum dalam Alquran sekaligus menyediakan bahan makanan untuk generasi penerus puluhan tahun mendatang.

1 komentar untuk "Tips dan Cara Mendapatkan dan Menanam Pohon Kurma di Indonesia "

Posting Komentar