Lima Tanaman Buah Obat dalam Alquran dan Hadits



Tanaman Obat banyak jenisnya, sebagian telah disebutkan dalam Alquran dan Hadits. Meskipun telah lama tercantum dalam Alquran dan Hadits, tetapi bukti ilmiah dan penelitian terkini semakin menguatkan hal yang sama. Ini menandakan apa yang ditulis dalam Alquran dan Hadits berasal dari sumber yang sama dengan penciptaan alam semesta ini, yakni Allah SWT.

buah delima dalam alquran
www.manfaatbuah.net


Buah berkhasiat yang berguna menjaga kesehatan, disebutkan dalam Alquran setidaknya ada enam macam, dan semuanya masih ada hingga sekarang. Bahkan menurut sebagian ahli bidang pertanian, tanaman-tanaman tersebut bisa dikembangkan di berbagai penjuru dunia dengan iklim berbeda.

“Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (Al-An’aam [6]:99)

Di antara buah-buahan yang disebutkan dalam Alquran adalah:
Pertama, Kurma. Kisah paling populer tentang buah ini adalah ketika Maryam, ibunda Nabi Isa sedang hamil dan hendak melahirkan. Beliau lalu memakan buah kurma ini. Nabi Muhammad juga gemar makan buah kurma. Kandungan buah Kurma memang luar biasa, 50% gula, karena daging buahnya terdiri dari fruktosa dan glukosa yang berkalori tinggi.

Kurma yang masih segar sangat baik bagi otak, terdiri dari 2,2% protein dan Vitamin A, B1 serta B2. Juga memiliki kandungan nutrisi penting bagi tubuh semisal potasium, kalsium, sodium, mangan, besi dan tembaga. Kurma menjadi zumber nutrisi penting bagi penduduk di gurun pasir. Meski demikian pohon kurma juga bisa ditanam di Indonesia.

Kedua, Zaitun. Buah Zaitun selain rasanya yang enak juga menjadi salah satu sumber makanan yang menyehatkan. Mengandung asam linoleik yang terutama sangat berguna bagi ibu-ibu yang sedang menyusui. Sebab asam linoleik membantu dalam proses pertumbuhan bayi. Bahkan para penderitan diabetes dan arterioclerosis (penebalan saluran darah) dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak zaitun yang mengandung sekitar 30% asam linoleik.

Zaitun juga mengandung klorin yang membantu kerja sistem liver. Selain itu zaitun juga dipercaya mampu membantu menyembuhkan penyakit jantung dan saluran darah. Minyak zaitun memiliki kemampuan untuk mengurangi LDL, sejenis kolestrerol yang menganggu kesehatan. Tidak heran jika Allah menyebutkan nama buah Zaitun dalam Alquran.

Ketiga, Buah Tin. Buah Tin mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam laporan penelitian yang dipublikasikan sebuah institusi di Amerika, menyebut buah Tin memiliki serat tinggi. Dalam 100 gram Buah Tin kering terdapat 12,2 gram serat. Bandingkan dengan buah Apel yang hanya mengandung 2.0 gram serat, dan jeruk yang hanya 1,9 gram.

Manfaat Buah Tin sangat beragam. Selain mengandung asam lemak tak jenuh yakni omega 3 dan omega 6. Rendah lemak, rendah sodium, rendah kalori dan rendah kolesterol sehingga buah Tin aman dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.  Buah Tin dipercaya bisa mengurangi resiko kanker payudara dan kanker usus besar (kolon).

Pemanfaatan buah Tin, bisa dikonsumsi secara langsung. Makin hitam buahnya, makin manis rasanya. Selain itu, daun dari Buah Tin juga bisa diseduh untuk dibuat teh. Dengan mengambil daun Tin yang cukup tua, sekira kelima dari pucuk. Tiriskan getah yang ada, jangan sampai mengenai daun. Cuci dan jemur sampai daun sekira bisa diremas dan hancur. Lalu dikonsumsi seperti membuat teh.

Pembudidayaan pohon buah Tin bisa menggunakan cara mencangkok seperti mencangkok tanaman lain. Pohon Tin cocok di tempat yang panas. Perawatan selanjutnya dengan penyiraman dan pemupukan. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa mencari informasi di geraidinar.com.

Keempat, buah Anggur. Anggur memiliki nilai gizi tinggi. Terdiri dari 20-25% gula yang mudah masuk ke dalam aliran darah. Cocok untuk mereka yang beraktifitas menguras fisik. Anggur juga efektif mengurangi anemia. Dalam Buah Anggur terdapat kandungan zat besi dan gula, membantu menggiatkan produksi darah sekaligus mengobati liver, ginjal dan sistem perncernaan.

Ada banyak jenis Buah Anggur, dan tanaman Anggur mudah dibudidayakan di Indonesia. Bisa melalui pembibitan biji Anggur maupun dengan cara yang modern, seperti kultur jaringan. Perawatan yang penting adalah penyiraman air dan pemupukan yang cukup. Selain itu juga pemotongan untuk mengurangi ranting-ranting, hingga tanaman Anggur bisa lekas berbuah.

Kelima, buah Delima. Banyak mengandung potasium, fosfor, kalsium, besi dan sodium serta vitamin A, B dan C. Baik untuk menjaga kenormalan detak jantung. Delima juga sangan membantu dalam menghilangkan rasa letih pada otot. Alquran sendiri menyebut buah Delima dan Zaitun dalam satu ayat. “Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (Al-An’aam [6]: 141)

Tanaman dan buah yang disebut dalam Alquran seharusnya menjadi makanan favorit bagi kita. Karena khasiatnya juga telah terbukti secara ilmiah. Hanya saja memang perlu kesadaran untuk terus membudidayakan buah-buahan itu. Karena sebetulnya mudah untuk menanamnya.


Tidak ada komentar untuk "Lima Tanaman Buah Obat dalam Alquran dan Hadits"