Menu Makanan dan Pola Hidup Sehat Nabi Muhammad SAW.


Pola hidup sehat sekarang ini banyak dilakukan oleh manusia. Berbagai resep dan cara hidup sehat coba diteliti dan dipublikasikan oleh para pakar kesehatan, dokter maupun ilmuwan. Mereka ingin mencari cara hidup yang sehat dan berimbang. Bagi umat Islam sendiri, telah ada tokoh yang bisa dijadikan panutan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam menerapkan pola makan yang sehat. Dia adalah satu-satunya orang yang perjalanan kehidupannya dicatat secara rinci dan detail. Diriwayatkan secara bersambung dan bisa diteliti secara ilmiah. Dia adalah Nabi Muhammad SAW.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. Al Ahzab [33]:21)

Cara hidup sehat sesuai tuntunan Rasulullah Muhammad SAW. meliputi aspek jasmani dan rohani. Sehat secara fisik dan mental. Usia beliau ketika wafat, menurut riwayat 60 tahun. Sepanjang hidup, beliau tercatat hanya satu kali mengalami sakit, yakni setelah ada seseorang yang menaruh racun di dalam makanannya.



Pola  hidup sehat yang dilakukan Rasulullah di antaranya meliputi:
Petama, menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Secara garis besar, jika melihat pola makan Rasulullah ada beberapa prinsip yang sangat beliau perhatikan. Nabi Muhammad memilih makanan yang halal, dan thayib atau baik. “Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah. “ (An-Nahl [16] : 114)

Kedua, memperhatikan kadar kecukupan baik jumlah maupun kandungan gizi. Perut adalah tempat bermulanya banyak penyakit, yang berasal dari makanan. Maka puasa disebut sebagai induk segala obat. Dalam makan, Rasulullah dikenal menerapkan kaidah, makan setelah lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Sehingga beliau tidak berlebihan. Dalam hal gizi, seperti disebutkan dalam beberapa riwayat, beliau biasa mengkonsumsi buah kurma dan sesekali daging kambing. Keduanya menurut penelitian terbukti memiliki banyak kandungan gizi.

Ketiga, istirahat yang cukup dan teratur. Beliau terbiasa tidur setelah shalat isya’ sehingga tidak terlalu larut. Kemudian bangun pada dinihari, ketika udara segar dan kondisi fresh. Beliau juga menghindari tidur pada pagi hari setelah shubuh. Kajian terkini membuktikan bahwa apa yang dilakukan merupakan tidur yang berkualitas. Sehingga sangat mendukung untuk menjaga kondisi badan.

Keempat, olah raga secara teratur dan berlatih fisik. Di antara yang beliau lakukan dan perintahkan adalah berkuda, berenang dan memanah. Ketiganya merupakan olah raga yang selain melatih ketangkasan juga bisa menggerakan seluruh anggota badan untuk aktif. Secara fisik, beliau sangat terlatih dan terbukti mampu memenangkan banyak pertarungan. Olah raga sangat penting bagi kesehatan.


Kelima, secara ruhiyah. Beliau sangat bersikap santun, murah senyum, rendah hati dan suka memaafkan. Kondisi psikis yang semacam ini terbukti juga berpengaruh kepada kesehatan badan. Orang yang secara psikis mampu untuk mengontrol emosinya cenderung akan lebih sehat ketimbang mereka yang tidak.

Tidak ada komentar untuk "Menu Makanan dan Pola Hidup Sehat Nabi Muhammad SAW."