Manfaat Madu Klanceng untuk Daya Tahan Tubuh dan Pengobatan


Madu merupakan obat yang dipercaya manjur untuk menyembuhkan manusia. Di dalam Al Quran, setidaknya disebutkan dalam Surat An Nahl (Lebah) ayat 68-69. Disebutkan dalam ayat 69 disebutkan dari perut lebah tersebut keluar minuman berupa madu dengan warga yang berbeda-beda.

Madu Klanceng
pixabay.com/hans

Dalam madu tersebut terkandung obat yang bisa untuk menyembuhkan manusia. Pada ayat sebelumnya, yakni ayat ke 68 diceritakan tentang tempat lebah bersarang yang berbeda.

Ada yang membuat sarang di bukit, ada yang membuat sarang di pohon kayu dan ada pula yang bertempat tinggal di tempat yang dibuat manusia.

Madu Klanceng adalah di antara jenis madu yang dihasilkan oleh Klanceng atau bernama latin Trigona SP. Di beberapa daerah namanya berbeda-beda, ada yang menyebut Lanceng, Teuweul, Gala-gala, Ketape, Kalulut, Kammu dan sebagainya.


Terdapat berbagai jenis Madu yang saat ini dipasarkan di masyarakat. Ada sebutan madu hitam, madu tj, madu pahit, madu multiflora dan sebagainya. Selain sebagai branding, penamaan madu tersebut disesuaikan dengan jenis dan karakternya.

Secara klinis, madu terbukti memiliki khasiat untuk pengobatan maupun pencegahan. Madu merupakan unsur prebiotik yang mendorong tumbuhnya mikroorganisme baik di dalam sistem pencernaan manusia sehingga membantu pencernaan dan meningkatkan penyerapan makanan.

Khasiat Madu Klanceng

Madu Klanceng memiliki khasiat yang tidak kalah dengan jenis madu lainnya. Seperti unsur pribiotik yang membantu proses pencernaan dalam tubuh manusia.

Madu Klanceng juga dipercaya sebagai anti oksidan. Mengandung protacatechuic acid (PCA). PCA oleh para peneliti dianggap mampu menyembuhkan luka lebih cepat.

Selain anti oksidan, Madu Klanceng juga sebagai anti bakteri seperti e.coli, m. luteus dan sebagainya. Kandungan hydrogen peroksida, flavonoid, fenolik dan peptida antibacterial dianggap sebagai anti bakteri yang baik.

Meskipun demikian, penggunaan Madu Klanceng sebagai terapi utama dalam pengobatan harus melalui konsultasi kepada dokter atau ahli yang kompeten.

Ciri-ciri Madu Klanceng Asli

Nilai ekonomis Madu Klanceng yang tinggi disebabkan oleh cara memperoleh dan membudidayakannya yang sulit. Sehingga membuat pihak yang tidak bertanggungjawab membuat madu Klanceng palsu.

Ini tentu merugikan konsumen yang membeli. Termasuk merugikan para petani, karena bisa menurunkan minat masyarakat untuk membeli Madu Klanceng.

Untuk mengenali ciri-ciri Madu Klanceng yang asli, berikut kami uraikan beberapa tips saat membeli Madu Klanceng agar tidak tertipu yang palsu.

Pertama, Madu Klanceng memiliki tekstur leboh encer ketimbang madu lebah lainnya. Apabila diteteskan pada media yang bisa untuk resapan, maka Madu Klanceng akan meresap.

Madu Klanceng yang dihasilkan lebah Trigona sp, mempunyai kandungan air sekitar 30-35% dan asam dengan PH kisaran 3,05-4,55.

Kedua, secara alamiah Madu Klanceng disukai semut, sehingga jika kita letakkan begitu saja di tempat yang bisa dijangkau semut, maka akan dikerubuti semut.


Di alam, lebah Klanceng mengantisipasi serangan semut ini dengan melengkapi sarang menggunakan getah-getah tertentu sehingga semut tidak masuk.

Ketiga, rasa Madu Klanceng berbeda-beda tergantung vegetasi yang menjadi sumber makanan lebah Trigona SP. Sehingga rasanya bisa mengandung unsure pahit, manis maupun asam.

Keempat, warna Madu Klanceng juga berbeda-beda sesuai vegetasi yang menjadi sumber nutrisi lebah Trigona. Bisa berwarna kekuningan sampai kecoklatan.

Untuk itu, satu di antara langkah untuk memastikan keaslian Madu Klanceng yang dibeli adalah dengan melihat sumer produksinya. Atau minmal mengenal produsen yang menghasilkan.

Biasanya ternak Madu Klanceng dikelola oleh komunitas-komunitas masyarakat di pedesaan. Sehingga Anda bisa mencari informasi tentang mereka.

Bahaya Madu Klaceng Palsu

Pemalsuan Madu Klanceng biasanya menggunakan gula buatan, sukrosa, dan glukosa. Bahan ini kemudian diberikan untuk menjadi makanan kepada lebah. Tentu kualitasnya akan berbeda dengan madu yang berasal dari nektar bunga-bunga.

Ada pula pemalsuan yang langsung dengan mencampur sejumlah unsur sehingga menyerupai cairan madu. Tentu ini sangat merugikan. Selain khasiatnya yang mungkin tidak ada, justru bisa berakibat fatal bagi orang yang sebetulnya ingin menggunakan untuk pengobatan.

Bagaimana Madu Klanceng Dihasilkan?

Madu Klanceng asli dihasilkan dari kerja keras ratusan hingga ribuan lebah Trigona. Bentuk mereka yang kecil, sehingga untuk menghasilkan madu satu botol minimal suplemen saja harus menunggu hingga beberapa lama.

Lebah menghasilkan madu melalui serangkaian proses yang panjang. Lebah-lebah mengambil nektar dari tumbuhan berbunga saat musim bunga.

Nektar adalah sekresi manis yang berasal dari tanaman. Dihasilkan kelenjar nectar tanaman berupa larutan gula. Ini yang membedakan dengan madu palsu, yang melarutkan gula buatan untuk konsumsi lebah.

Nektar terletak di bagian petal, sepal, stigma dan stamen dengan konsentrasi yang berbeda antara satu bunga dengan bunga tanaman lainnya. Nektar inilah yang kemudian diubah menjadi madu melalui proses perubahan sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa.

Bunga pada tanaman pangan, kehutanan, perkebunan, sayuran, tanaman hias hingga rerumputan merupakan sumber nektar. Sehingga ketersediaan bunga menjadi penting untuk makanan koloni lebah dan memproduksi madu.

Harga Madu Klanceng

Harga Madu Klanceng bervariasi. Umumnya Madu Klanceng dijual dengan wadah seukuran botol minuam suplemen 100 Ml. Jika mencoba lihat di marketplace, harganya tersedia mulai Rp90 ribu – Rp150ribu. Bahkan ada yang lebih mahal dari itu.

Sebaiknya sebelum membeli membaca beberapa referensi sebagai gambaran, sehingga tidak terjebak dengan harga yang mahal, apalagi tertipu dengan Madu Klanceng palsu.

Jual Madu Klanceng Jogja

Satu di antara peternak yang pernah Redaksi Sehat Bersama Islam lihat langsung adalah Madu Klanceng Jogja yang berlokasi di Bambanlipuro Bantul. Sudah beberapa tahun berjalan dan saat ini mengelola beberapa koloni yang terus bertambah dan produktif.

Alamat Madu Klanceng Jogja berada di Jalan Bantul tepatnya Jl. Giren No.RT 01, Plebengan, Sidomulyo, Kec. Bambanglipuro, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55764. Silakan bisa kontak 0857-4321-6555.


Redaksi SBI dari berbagai sumber

Tidak ada komentar untuk "Manfaat Madu Klanceng untuk Daya Tahan Tubuh dan Pengobatan"