Manfaat Kurma Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil



Manfaat kurma bagi kesehatan dan ibu hamil. Kurma merupakan salah satu buah yang penuh khasiat. Selain sebagai obat yang mujarab, kurma ternyata juga memiliti kandungan nutrisi yang tinggi. Terutama glukosa, fruktosa dan sukrosa yang penting untuk pembentukan energi. Tidak heran bila dalam hadits ada anjuran berbuka puasa dengan menggunakan kurma.


www.tayibah.com


Kurma di dalam Alquran sendiri telah disebutkan dalam banyak ayat, setidaknya ada 20 tempat dalam Alquran yang menyebutkan tentang kurma dengan memakai istilah pohon kurma atau dengan kosakata arab : an-nakhl, an-nakhill dan an-nakhlah. Tentang penyebutan kurma dalam Alquran ini, Imam Ibnu Katsir mengungkapkan, “Allah menyebutkan buah kurma ini secara khusus karena kemuliaan dan manfaat yang dikandungnya, baik ketika masih basah maupun ketika telah kering.”

“Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.
( Ar Ra'd [13]: 4)

Kurma mengandung banyak kalsium dan mineral lain seperti magnesium, dan tembaga yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sedangkan secara umum di antara manfaat buat kurma yaitu;
1.    Kurma bermanfaat bagi ibu hamil
Dalam Alquran Surat Maryam ayat 25-26 diceritakan ketika Maryam, ibunda Nabi Isa as. Merasakan kesakitan saat hendak melahirkan. Kemudian dia bersandar di pohon kurma, dan turun perintah untuk menggoyangkan pohon itu agar buahnya jatuh untuk dimakan.
Secara medi ternyata, buah kurma yang segar (ruthab) memang kaya unsur gula, ini sangat dibutuhkan wanita yang hendak melahirkan. Kandungan gula dan vitamin B1 membantu mengontrol gerak rahim dan menambah masa sistolen (kontraksi jantung saat dara dipompa ke nadi). Kurma basah juga cepat dicerna oleh tubuh.

2.    Kurma sebagai sumber energi
Kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa dalam kurma merupakan sumber pembentukan energi. Tidak heran jika orang yang berpuasa dianjurkan berbuka dengan mengkonsumsi buah kurma.

3.    Mengatasi anemia
Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi, dalam buah kurma terdapat 0,09 miligram zat besi atau 100 gram dalam setiap buahnya. Ini berarti telah mencukupi 11 persen dari Angka Kecukupan Gizi.

4.    Menjaga kesehatan mata
Vitamin A dalam buah kurma sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Menjaga kelembaban dan kejelian mata dan menguatkan penglihatan. Dalam 100 gram buah kurma terdapat Vitamin A sebanyak 149 IU atau setara 5% angka kecukupan gizi

5.    Perlindungan dari risiko jantung koroner
Kalium dalam kurma merupakan komponen penting bagi sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya stroke dan jantung koroner.

Banyak manfaat buah kurma, baik yang diterangkan dalam Alquran dan Hadits maupun telah dibuktikan secara ilmiah. Sekarang buah kurma bisa diperoleh dengan mudah dan harga yang terjangkau. Tidak ada salahnya jika merutinkan mengkonsumsi kurma.


Pembibitan buah kurma di Indonesia telah dirintis oleh Jonggol Farm di Bogor oleh Pak Muhaimin Iqbal, owner GeraiDinar.com. Anda bisa membeli bibit di sana dan bisa juga melihat langsung kebun pertanian untuk belajar di Jonggol Farm.

Tidak ada komentar untuk "Manfaat Kurma Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil"