Jika Nekat Mengkonsumsi Makanan Haram Inilah Akibatnya

Banyak akibat yang ditimbulkan oleh makanan haram, termasuk dampak buruk bagi agama dan kesehatan. Telah lama Rasulullah mengingatkan bahwa perut merupakan tempat yang memengaruhi kesehatan. Maka siapa yang terbiasa berpuasa akan lebih terjaga kesehatannya. Atau dengan menjaga makanan yang dikonsumsi. Makanan merupakan sumber nutrisi dan energi yang akan diserap oleh tubuh.

 
www.halalmui.org

Dari segi agama makanan haram menimbulkan banyak kerugian;

1.    Makanan yang haram akan menghalangi terkabulnya doa.
“Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu thoyyib (baik). Allah tidak akan menerima sesuatu melainkan dari yang thoyyib (baik). Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin seperti yang diperintahkan-Nya kepada para Rasul. Firman-Nya: ‘Wahai para Rasul! Makanlah makanan yang baik-baik (halal) dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.’ Dan Allah juga berfirman: ‘Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah rezeki yang baik-baik yang telah kami rezekikan kepadamu.'” Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan tentang seorang laki-laki yang telah menempuh perjalanan jauh, sehingga rambutnya kusut, masai dan berdebu. Orang itu mengangkat tangannya ke langit seraya berdo’a: “Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku.” Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram dan diberi makan dari yang haram, maka bagaimanakah Allah akan memperkenankan do’anya?” (HR. Muslim)
2.    Makanan haram dapat menuntun ke neraka.
“Siapa yang dagingnya tumbuh dari pekerjaan yang tidak halal, maka neraka pantas untuknya.” (HR. Ibnu Hibban dan Al Hakim, Hadits ini shahih kata Syaikh Al Albani)
3.    Amalan tidak diterima
Rasulullah saw bersabda, “Ketahuilah bahwa suapan haram jika masuk ke dalam perut salah satu dari kalian, maka amalannya tidak diterima selama 40 hari.” (HR At-Thabrani).
4.    Mengikis iman
Rasulullah saw bersabda, “Tidaklah peminum khamr, ketika ia meminum khamr termasuk seorang mukmin.” (HR Bukhari Muslim).

Dari segi kesehatan, mengkonsumsi makanan yang haram, sama saja dengan memasukan sesuatu yang kotor untuk diserap tubuh. Dalam kajian terkini banyak ditemukan bahwa makanan-makanan yang diharamkan dalam Islam, terbukti karena memang makanan tersebut memberi dampak buruk bagi kesehatan.


Misalnya daging babi atau meminum alkohol. Keduanya terbukti jika dikonsumsi akan merugikan kesehatan. Membawa bibit bakteri yang merusak badan. Sedangkan khamr (alkohol) juga terbukti dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Dalam Islam, makanan yang dikonsumsi tidak hanya harus halal tetapi juga baik (thayib). Nasi itu halal, tetapi jika sudah basi, ia bisa menjadi tidak baik (tidak thayib). Maka di sinilah perlunya menjaga makanan yang kita konsumsi.

Tidak ada komentar untuk "Jika Nekat Mengkonsumsi Makanan Haram Inilah Akibatnya"